Langsung ke konten utama

RUMAH-RUMAH KAMPUANG TOBIANG (KATO)

Khairukum anfa'uhum linnas (Hadist)
sebaik-baik kalian adalah yang paling banyak memberikan manfaat
 kepada orang lain 


LATAR BELAKANG

Semangat berbagi dan melayani demi bisa memberikan manfaat buat banyak orang memicu kami untuk membangun Kampuang Tobiang. Kampuang Tobiang nama yang kami pilih karena lokasinya memang dekat dengan tebing. Dibawahnya terhampar areal persawahan yang dibelah sebuah sungai, dan berlatar gunung Bungsu nan menjulang. Termasuk wilayah Padang Bonai Jorong Guguak Nunang Nagari Sungai Talang kecamatan Guguak Lima Puluh Kota.

Kampuang Tobiang terdiri dari "Rumah-Rumah" yang satu persatu kami dirikan secara bertahap. Rumah Tahsin dan Rumah Tahfidz didirikan tanggal 8 September 2015. Bertepatan dengan milad setahun Rumah Tahsin dan Rumah Tahfidz, maka dilaunching pula Rumah Baca dan Rumah Kreatif. Selanjutnya kami ingin mendirikan juga Rumah Pohon dan Rumah Sehat. Semoga Allah Ta'ala mudahkan untuk bisa mewujudkannya.

VISI DAN MISI

Semua “Rumah-Rumah” yang didirikan di Kampuang Tobiang adalah dalam rangka usaha mencapai visi “Membangun peradaban Qur’ani dalam sistem yang Islami”. 
Maka dari itu dirumuskan misi misi sebagai berikut:
  1. Menyelenggarakan kegiatan Tahsin dan Tahfidz Alqur’an.
  2. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran Terjemah dan Tafsir Alqur’an, serta Terapan atau mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Meyelenggarakan kegiatan yang berhubungan dengan budaya literasi
  4. Menyelenggarakan kegiatan yang terkait dengan kreatifitas
  5. Menyelenggarakan kegiatan da’wah dan mengajak masyarakat, terutama wali santri untuk turut terlibat aktif dalam proses pendidikan anak dan keluarga.

TUJUAN

1.    Tujuan Umum
a.    Mendapatkan ridho, maghfirot dan rahmat Allah SWT
b.    Dalam rangka menjaga keaslian dan kemutawatiran alqur’an
c.    Menjaga terlaksananya sunnah Rasulullah SAW karena sebagian ibadah yang dilakukan oleh Rasulullah sangat banyak terkait dengan hifzul qur’an.
d.    Meningkatkan kualitas ummat. Alqur’an yang sarat dengan mukjizat, informasi berikut syariah, muamalah dan lain-lain, sehingga semakin banyak membaca dan mengahafal semakin bertambah ilmu pengetahuan.
2.    Tujuan Khusus
a.    Menanamkan nilai-nilai alqur’an sejak dini hingga mereka terhindar dari perilaku negatif, dekadensi moral, pergaulan bebas, tawuran dan lain-lain.
b.    Mengoptimalkan kemampuan anak-anak baik dari kefasihan lidahnya maupun dari kemampuan daya ingatnya.
c.    Meneladani akhlak Rasulullah saw, dalam keseharian dan dalam seggala aspek kehidupan.
d.    Mengikuti jejak dan meneladani metode belajar para sahabat, salafusholeh, tabi’in,  dan tokoh-tokoh Islam sekaliber dunia dimana mereka belajar, beinteraksi sampai hafal alqur’an sejak kecil.
e.    Mengajarkan dan menjelaskan kandungan yang ada di dalam Al Qur’an dan As Sunah serta mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari, hingga dapat menumbuhkan ruh keislaman yang mengakar kuat dalam hati-hati dan kehidupan kaum mu’minin.

BENTUK KEGIATAN

Saat ini kegiatan dibagi menjadi tiga kegiatan utama yaitu kegiatan di Rumah Tahfidz, Rumah Baca, dan Rumah Kreatif. Namun, walaupun dibagi semua kegiatan yang diselenggarakan tetap saling berkaitan dalam rangka mewujudkan visi misi dan tujuan yang telah dirumuskan. Berikut kegiatan dari masing-masing “Rumah” di Kampuang Tobiang.

Kegiatan Rumah Tahfidz antara lain:
  1. Pembelajaran Tahsinul Qur’an (Perbaikan bacaan Alqu’an sesuai dengan ilmu tajwid) setiap hari Senin sampai hari Kamis.
  2. Pembelajaran Tahfidzul Qur’an (Menghafal Alqur’an) setiap hari Senin sampai hari Kamis
  3. TrenQu, Pesantren Qur’an diadakan setiap libur semester di persekolahan formal.
  4. TrenQu Ramadhan, Pesantren Qur’an di bulan Ramadhan diadakan selama bulan Ramadhan.
  5. TrenQu MaMi, Pesantren Qur’an Malam Minggu, diadakan setiap malam Minggu bersamaan dengan mabit dan qiyamullail.
Kegiatan Rumah Baca antara lain:
  1. Membaca
  2. Menulis 
  3. Language Club
  4. Science Club
  5. Pustaka Bergerak
  6. Sepeda Pustaka KATO 
  7. dll
Kegiatan Rumah Kreatif antara lain:
  1. Membuat Craft
  2. Kaligrafi
  3. Game kreatif
  4. Permainan Anak Nagari
  5. Out Bound
  6. Hiking
  7. Cycling
  8. Arcery
  9. dll

FOUNDER
  1. Betty Arianti
  2. Romi Armon
 PENGURUS
  1. Azulferi (ketua)
  2. Romi Armon (sekretaris)
  3. Silvia Betty (bendahara)
Manager Rumah Tahfiz : Betty Arianti
Manager Rumah Baca : Aisyah El Hafidzoh
Pimpinan Projek Sepeda Pustaka : Fathimah El Hafidzoh
Manager Rumah Kreatif : Romi Armon
Manager Rumah Pohon (to be) : Budi Prasetya
Manager Rumah sehat (to be) : Yesfi

Fasilitator :
  1. Betty Arianti
  2. Desna Murni
  3. Murniati
  4. Viona Susanti
  5. Romi Armon


Diantara poto-poto kegiatan






 Kegiatan Rihlah Mumti'ah 
Cycling, sehat,murah,meriah,menyenangkan
 Hiking, tadabur alam
 TrenQu

English Club

Kato on radio

Sepeda Pustaka KATO

----------------------------------

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOMUNIKASI

Pertemuan ke-3  A Home Team Intermediate Training adalah tentang Komunikasi. Disajikan Pak Dodik dengan Game Matematika, hehe.  Bermain dengan bangun geometri. Disampaikan oleh salah seorang teman kita, dengan bahasa lalu kita menggambarkanya. Huaa belibet banget deh. Seruu..jadi teruji komunikasinya kayak gimana. Nah, sekarang tantangan ke-3  adalah membuat sebanyak banyaknya game tentang komunikasi, yeah... Game 1, Pesan Berantai Game ini sudah kami praktekkan dalam keluarga. Berhasil. Karena ya, jumlah peserta tidak banyak.  Peserta yang satu membisikkan kalimat ke peserta yang lain. Terus peserta terakhir mengucapkannya dengan suara lantang.  Game 2, Tebak Gaya 1. Peserta berbaris berbanjar perkelompok.  2. Dua orang berdiri berhadapan. 3. Yang lainnya tak boleh melihat , (menghadap kebelakang) 4. Peserta satu menirukan sebuah gaya 5. Lalu lanjut ke peserta dua, ketiga dst. 6. Peserta terakhir menyebutkan gaya apa itu. #AHT #intermediatetraining #tantangan3